Untung Basuki : Pilkades Bukan Sekedar Ajang Berebut Jabatan Tapi Membangun Desa Lebih Bermartabat

yahya, 14 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Pemilihan kepala desa di Kabupaten Tegal tahap III akan segera terselenggarakan. Tepatnya akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 yang akan diikuti oleh 117 calon kepala desa se-kabupaten Tegal..Pemaparan visi misipun terburai dari tiap benak para calon tentang apa dan bagaimana rencana ketika mereka terpilih menjadi orang nomer satu di desanya.

Hal itu terkuak saat agenda pengambilan nomer peserta kontestasi pilkades dibeberapa tempat seperti beberapa kecamatan yang secara random dikunjungi Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu. Diantara kecamatan yang dikunjungi Jurnalis Indonesia Satu (JIS) Kecamatan Dukuhturi terutama desa Sidakaton sebuah desa yang dikenal banyak perantau dengan bisnis Warung Tegalnya (Warteg) di Jakarta.

Seperti diketahui bahwa desa Sidakaton yang jumlah penduduknya sekira 13.609 jiwa merupakan desa dengan luas wilayah 324.617 Ha dengan batas-batas wilayah seperti sebelah utara berbatasan dengan Kaligangsa, selatan Desa Kupu, Barat Sungai Gangsa dan timur desa Sidapurna.

Kepala Desanya Untung Basuki merupakan kepala desa yang dalam kepemimpinannya cukup piawai dalam menangani permasalahan pemerintahan desa, banyak menjadi sorotan warganya terutama keberhasilannya dibeberapa sektor. Pelaksanaan pembangunan yang didukung anggaran APBDes serta Dana Desa dapat direalisasikan sesuai spektrum yang menjadi parameter pemerintahan pusat.

Maju kembalinya Untung Basuki dalam kontestasi pemilihan kepala desa tak ayal mendapat sambutan dan dukungan cukup antusias dari warga yang ada di desa Sidakaton maupun warga Sidakaton yang berada diperantauan yang kebanyakan pengusaha warung tegal serta beberapa komunitas warga Sidakaton seperti majlis Arrobithoh yang ada diperantauan.

Sebagai incumbent, Untung Basuki nampaknya paham betul tentang bagaimana membangun desanya sehingga terlihat dari visi misi yang disampaikan saat pengambilan nomer peserta calon kepala desa, terlihat cukup realistis seperti agenda peningkatan SDM masyarakat desa yang bersinergi dengan organisasi kepemudaan yang ada didesanya seperti IPNU, IPPNU dan Karangtaruna.

Satu rencana yang sangat banyak diharap oleh dunia lingkungan hidup tentunya seperti pembentukan unit pengelola sampah (Bank Sampah) juga dengan rencana menambah unit kendaraan sampahnya.

Hal penting lainnya, pada persoalan pendidikan, dirinya akan lebih meningkatkan dunia pendidikan dengan pemberian bea siswa bagi warga yang kurang mampu dan juga mendirikan tempat pelatihan untuk menunjang kreatifitas dan bakat masyarakatnya.

“ Saya ingin anak-anak jangan ada yang sampai tidak sekolah. Kita akan fasilitasi agar mereka anak-anak kita tetap bersekolah. Karena masa depan Sidakaton ada dipundak mereka juga,” Ujar Untung Basuki pada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, Selasa (12/11).

Menurutnya, setidaknya ada 13 program unggulan dalam visi misi yang ingin dirinya realisasikan bila nanti memimpin kembali sebagai kepala desa Sidakaton. Seperti juga memberikan jaminan hidup bagi keluarga yang terlantar serta memberikan bantuan RTLH bagi warga kurang mampu, mendirikan Bumdes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuat tatanan ruang terbuka hijau, melanjutkan penghapusan Pologoro jual beli yang selama ini sudah berjalan, melanjutkan pembangunan infrastruktur. Semua itu merupakan program untuk melanjutkan pemerintahan yang transparan, terpercaya dan bertanggung-jawab.

Visi misi yang paling realistis biasanya memang dari pemimpin yang sudah berpengalaman seperti Untung Basuki sehingga dapat tercermin pemerintahan lanjutan tersebut bakal menjadi pmerintahan dengan pola pemerintahan yang kredibel, disipilin dan transparan serta mengutamakan pelayanan publik secara efektif dan berkualitas. Setidaknya visi misi bagi seorang incumbent seperti Untung Basuki, dengan visi misinya tersebut seperti ingin menjadikan desa Sidakaton yang lebih bermartabat. (Anis Yahya)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu