Plt Direktur RSUD Kardinah : Status ODP Itu Belum Positif Corona

yahya, 06 Apr 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Terkait berita di portal www.wartajateng.co.id yang bertajuk " Seorang Wanita ASN Kota Tegal Masuk Ruang Isolasi Dan Kirimkan Pesan Audio " Minggu,(5/4), pihak RSUD Kardinah Kota Tegal melalui Plt Direkturnya dr. Hery Susanto, Sp.A menjelaskan posisi status pasien disebutkannya masih ODP dan bukan PDP. Sehingga pasien ditempatkan di ruang Edelweis bawah bukan ruang isolasi.

" Ada yang perlu saya luruskan pak. Pasien ODP dirawat di Edelweis bawah, tetapi bukan ruang isolasi. Ruang Edelweis bawah cukup luas, bukan ruang yang sempit seperti yang diutarakan pasien, " Demikian bunyi pernyataan yang disampaikan semalam oleh dr. Hery Susanto kepada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, melalui pesan WA Minggu, (5/4).

" ODP itu orang dalam pemantauan, biasanya cukup dilakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari, " Tambah dr. Hery.

Sementara masih menurutnya, pasien dengan status PDP yang perlu dirawat di ruang isolasi rumah sakit dan diperiksa Swab tenggorokan.

" Kalau PDP itu Pasien Dalam Pengawasan, ini yang perlu dirawat di ruang isolasi rumah sakit dan diperiksa swab tenggoroknya. ODP itu belum positif corona statusnya dibawah PDP, " Ujarnya.

Namun demikian direktur Kardinah sepakat pesan audio yang disampaikan pasien dengan mendeskripsikan suasana mencekam bagi seorang pasien saat kali pertama berada di ruang isolasi, setidaknya memberi peringatan bahayanya penyebaran virus corona.

Kronologis Wanita ASN Pemkot Tegal yang sering melakukan perjalanan mudik kedaerah asalnya ini, dilarikan dengan ambulan puskesmas dan saat itu langsung masuk ruang isolasi RSUD Kardinah dengan ditangani oleh petugas medis rumah sakit berpakaian lengkap APD. Kemudian dibawa ke ruang Edelweis. Di ruang isolasi itulah pasien mengirimkan pesan audionya untuk mengingatkan rekan-rekan sejawatnya agar lebih waspada terhadap pandemi Covid19. (Anis Yahya)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu